Selamat Datang di Sistem Komunitas SMKN-1 CEMPAGA HULU

Didalam sistem ini Anda dapat menggunakan beberapa fitu yaitu :

  1. Menambahkan status kegiatan Anda saat ini
  2. Menambahkan link Blog Anda
  3. Menambahkan foto-foto pribadi Anda
  4. Mendownload file materi ajar dan bahan ujian
  5. Komunikasi sesama pengguna (forum dan chating)
  6. Melihat detail informasi guru dan siswa
  7. Sistem Informasi meliputi Nilai,Absensi, Iuran dan Penugasan siswa
  8. Bermain games





Member Login


  Untuk Tamu dan Alumni

Prosedur pendaftaran untuk
Siswa dan Orang Tua/Wali
sebagai berikut :

  1. Siswa/Orang tua dapat menghubungi langsung di sekolah melalui Tim IT SMKN-1 CEMPAGA HULU
  2. Isi formulir pendaftaran khusus member.
  3. Setelah didaftarkan langsung oleh Admin, silahkan cek email Anda untuk verifikasi data.
  4. Silahkan login ke sistem member tersebut.
  5. Atau pendaftaran melalui email sekolah, dengan menyertakan formulir yang sudah Anda isi dibawah ini Download Formulir di sini
  6. Tunggu konfirmasi validasi data Anda melalui email Anda.
Sambutan Kepala Sekolah
  Assalamualaikum Wr. Wb. Puji syukur Alhamdulillah selalu kita panjatkan kepada Ilahi Robbi. Keperluan dan kepentingan manusia dalam kehidupan antara lain informasi. SMKN-1 CEMPAGA HULU sebagai lembaga pendidikan yang memiliki tugas dan tanggung jawab kepada bangsa untuk mendidik anak bangsa yang berkualitas dan responsif terhadap kemajuan IPTEK di dunia global di era teknologi. ...
Banner
Belajar BersamaPPDB Online SMKN 1 Cempaga HuPEMKAB. KOTAWARINGIN TIMURKemdiknas-wikipedia Indonesia
Agenda Sekolah
23 October 2017
M
S
S
R
K
J
S
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11

Statistik Pengunjung

Total Hits : 286944
Pengunjung : 124530
Hari ini : 67
Hits hari ini : 96
Member Online : 1
IP : 54.80.209.254
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

Halaman di Facebook

Persiapan Akreditasi SMKN 1 CEMPAGA HULU

Tanggal : 02/23/2016, 18:57:47, dibaca 632 kali.

Sekolah merupakan suatu  lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran (menurut KBBI). Sebuah sekolah akan bermutu jika terdapat pengakuan dan penilaian dari beberapa pihak yang berwenang yang disebut akreditasi sekolah/madrasah. SMK Negeri 1 Cempaga Hulu notabane sekolah baru dengan segala keterbatasan pada tahun ini akan melaksanakan akreditasi sekolah sebagai wujud melaksanaakan Peraturan yang berlaku. Persiapan-persiapan yang dilakukan pada saat ini tidak lepas dari bimbingan dan binaan dari pengawas pembina sekolah yaitu Bapak Drs. Dani Triatmajaya Santosa, M.Pd.


Pemerintah melakukan akreditasi untuk menilai kelayakan program atau satuan pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional secara bertahap, terencana  dan terukur sesuai Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB XVI Bagian Kedua Pasal 60 tentang Akreditasi.


Pemerintah menetapkan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) dengan Peraturan Mendiknas Nomor 29 Tahun 2005. BAN-S/M adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program atau satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada standar  nasional pendidikan. Sebagai institusi yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Mendiknas, BAN-S/M bertugas merumuskan kebijakan operasional,  melakukan sosialisasi kebijakan  dan melaksanakan akreditasi sekolah/madrasah.


Dalam melaksanakan akreditasi sekolah/madrasah, BAN-S/M dibantu oleh Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-S/M) yang dibentuk oleh Gubernur, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, khususnya Pasal 87 ayat 2.


Akreditasi memiliki beberapa pengertian, di antaranya adalah sebagai berikut:



  1. Pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu. (KBBI);

  2.  Pengakuan oleh suatu jawatan tentang adanya wewenang seseorang untuk melaksanakan atau menjalankan tugasnya. (KBBI);


  1. Kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah. (Akhmad sudrajat).

  2. Kegiatan penilaian kelayakan dan kinerja suatu sekolah berdasarkan kriteria (standar) yang telah ditetapkan dan dilakukan oleh Badan Akreditasi Sekolah Nasional (BASNAS) yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan peringkat kelayakan sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Pendidikan Nasional 087/U/2002


Dari beberapa pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa yang dimaksud dengan akreditasi adalah pengakuan dan penilaian terhadap suatu lembaga pendidikan tentang kelayakan dan kinerja suatu lembaga pendidikan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Sekolah Nasional (BASNAS)/ Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) yang kemudian hasilnya berbentuk pengakuan peringkat kelayakan. Akreditasi ini dilakukan dengan membandingkan keadaan sekolah yang sebenarnya dengan kriteria standar yang telah ditetapkan. Sekolah akan mendapatkan status “terakreditasi” jika keadaan sekolah yang sebenarnya telah memenuhi kriteria standar yang telah ditetapkan. Sebaliknya, sekolah tidak dapat “terakreditasi” jika keadaan sekolah yang sebenarnya tidak memenuhi kriteria standar yang telah ditetapkan. Dengan demikian, hasil dari akreditasi adalah pengakuan “terakreditasi” atau “tidak terakreditasi”. Bagi sekolah yang terakreditasi diklasifikasi menjadi tiga tahapan, yaitu:


A (Amat Baik) dengan nilai antara 86-100;


B (Baik) dengan nilai antara 71-85;


C (Cukup) dengan nilai antara 56-70.


Jika nilai tersebut kurang dari 56 maka sekolah tersebut tidak layak untuk mendapatkan pengakuan “terakreditasi”.


Berdasarkan Keputusan Menteri pendidikan Nasional Nomor 087/U/2002, akreditasi sekolah mempunyai tujuan, yaitu: (1) memperolah gambaran kinerja sekolah sebagai alat pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu; (2) menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan. Tujuan akreditasi tersebut berarti bahwa hasil akreditasi itu:



  1. Memberikan gambaran tingkat kinerja sekolah yang dijadikan sebagai alat pembinaan, pengembangan dan peningkatan sekolah baik dari segi mutu, efektivitas, efisiensi, produktivitas dan inovasinya.

  2. Memberikan jaminan kepada publik bahwa sekolah tersebut telah diakreditasi dan menyediakan layanan pendidikan yang memenuhi standar akreditasi nasional.

  3. Memberikan layanan kepada publik bahwa siswa mendapatkan pelayanan yang baik dan sesuai dengan persyaratan standar nasional.


 


 


 



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
Komentar FB
Komentar Standar

Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :
 
Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas

Kembali ke atas